Lendang Nangka adalah salah satu desa wisata potensial yang terletak di Pulau Lombok, tepatnya di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Perpaduan antara wisata alam, sosial, religi, dan kultur menciptakan sebuah harmoni yang tidak terlupakan. So, Let's Join Us to Enjoy Lendang Nangka Village, The Harmony Of Lombok.

CILOKAQ


Comments Off

Merupakan musik orkestra daerah Lombok yang terdiri dari bermacam – macam alat yaitu :
a. Alat petik, gambus ada dua buah masing – masing berfunngsi sebagai melodi dan akord.
b. Alat gesek, biola ada dua buah berfungsi sebagai pembawa melodi. Gambus terbuat dari kayu gerupuk dan kulit kambing sebagai resonatornya. Bentuknya menyerupai gitar, hanya pada bagian perutnya tidak berpinggang. Senarnya terdiri dari empat nada, masing – masing satu senar.
c. Alat tiup, suling dan pereret yang berfungsi sebagai pembawa melodi.
d. Alat pukul, gendang ada tiga buah, masing – masing berfungsi sebagai pembawa irama, pembawa dinamika dan tempo, juga sebagai gong. Rerincik digunakan sebagai alat ritmis

Fungsi orkestra ini adalah sebagai hiburan pada acara perkawinan, khitanan, atau hari – hari besar nasional dan daerah. Orkestra ini datang ke tempat pesta dengan ditanggap (diupah). Selain itu dapat juga  berfungsi sebagai pemberi semangat dalam gotong royong.

Lagu – lagu yang dimainkan oleh cilokaq ini umumnya disebut kayak. Kayak merupakan kesenian yang sangat populer di kalangan masyarakat pedesaan di pulau Lombok. Biasanya orang – orang pedesaan melagukan sambil menanam atau memotong padi di sawah.


Namun, dewasa ini cilokaq yang ada di masyarakat telah sedikit demi sedikit mengalami pergeseran dan berasimilasi dengan musik modern terutama musik dangdut. Alat musik yang digunakan juga lebih variatif.

Grup musik cilokaq yang ada di Lendang Nangka antara lain : Mekar Sari (M. Amin. CP : 081918319215)

Comments

Comments are closed.