Lendang Nangka adalah salah satu desa wisata potensial yang terletak di Pulau Lombok, tepatnya di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Perpaduan antara wisata alam, sosial, religi, dan kultur menciptakan sebuah harmoni yang tidak terlupakan. So, Let's Join Us to Enjoy Lendang Nangka Village, The Harmony Of Lombok.

LADANG TEMBAKAU


Comments Off

Ladang tembakau banyak dijumpai mulai dari Otak Pancor bagian utara hingga ke Tete Batu. Sentra pertanian tembakau di Lendang Nangka diantaranya ada di Kapitan, Brok Lelet, Benteng Utara dan Benteng Selatan. Selain itu terdapat hal  yang menarik dari pengolahan tembakau di Lendang Nangka yaitu penggunaan rumah oven yang digunakan untuk mengeringkan tembakau pada musim hujan sebelum dijual ke pasar.

Ladang tembakau di desa Lendang Nangka bagian utara mencapai puluhan hektar, yang dikelola oleh mayarakat lokal. Pengolahan tembakau di Lendang Nangka biasanya dikelola secara kolektif dengan adanya gabungan kelompok tani (gapoktan), seperti gapoktan “Tandur Rinjani” di Brok Lelet. Di gapoktan ini, terdapat fasilitas pengolahan yang cukup lengkap diantaranya, rumah oven, lahan penjemuran, mesin press dan timbangan.

Produksi tembakau dari Lendang Nangka kebanyakan dijual ke Pulau Jawa dan digunakan untuk produksi rokok baik merek nasional maupun internasional. Produksi tembakau ini cukup memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.


Tobacco field : Tobacco field lied from north area of Otak Pancor until Tete Batu. Tobacco farming in Lendang Nangka concentrated in Kapitan, Brok Lelet, Benteng Utara and Benteng Selatan. The most interesting thing in tobacco farming in Lendang nangka is oven house. Oven house is used for drying tobacco leafs before it’s sold to the market.

Tobacco field in Lendang Nangka is managed by local community. Tobacco processing usually managed collectively in a tobacco farmer cooperative (TFC). One of tobacco farmer cooperative in Lendang Nangka is cooperative “Tandur Rinjani” in Brok Lelet. There are complete tobacco processing facilities in TFC such as oven house, tobacco drying field, press machine and weights.

Most of tobacco harvest from Lendang Nangka is sold to Java island and used for cigarette production. Tobacco harvest in Lendang Nangka provide proper prosperity to the local community.

Comments

Comments are closed.