Lendang Nangka adalah salah satu desa wisata potensial yang terletak di Pulau Lombok, tepatnya di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Perpaduan antara wisata alam, sosial, religi, dan kultur menciptakan sebuah harmoni yang tidak terlupakan. So, Let's Join Us to Enjoy Lendang Nangka Village, The Harmony Of Lombok.

MATA AIR TOJANG


Comments Off

Mata air tojang terletak di dusun Glogor, kurang lebih 3 km ke arah utara dari pusat informasi wisata Lendang Nangka. Mata air tojang merupakan salah satu mata air di Lendang Nangka, yang berasal dari sungai bawah tanah (artesis). Karena debit airnya yang besar, mata air ini didistribusikan hingga ke kota Selong, kurang lebih 15 km selatan desa Lendang Nangka. Selain sebagai sumber mata air, Tojang juga memiliki panorama hutan yang masih cukup terawat. Lokasi ini bisa didatangi dengan berjalan kaki, maupun menggunakan bermotor.

Selain digunakan  untuk konsumsi sehari-hari masyarakat Lendang Nangka dan sekitarnya, air dari Tojang juga sebagian dimanfaatkan untuk pertanian padi. Terdapat sebuah bendungan di sekitar mata air Tojang yang berfungsi untuk mengatur aliran air. Di sekitar bendungan juga hidup berbagai jenis ikan air tawar, sehingga pengunjung dapat memancing sekaligus menikmati panorama hutan yang masih asri.

Hutan dataran rendah disekitar mata air juga membuat Tojang cocok dijadikan sebagai tempat camping dan outbond. Namun pengunjung diharapkan dapat menjaga kelstarian alan dengan tidak meninggalkan sampah di lokasi mata air, mengingat masih minimnya fasilitas kebersihan di sekitar mata air.
 


Tojang Water Spring: Tojang spring located in Glogor, 3 kms away to the north form Lendang Nangka Tourist Information Centre. Tojang spring comes up from artesis. Tojang spring has high water flow rate, so it can be distributed in a pipe to Selong city, 15 kms away to the south from Lendang Nangka. Beside  a spring water, Tojang also has beautiful forest view.This location could be accessed on foot or motor vehicle.


Beside for consumption, water from Tojang also used for rice farming. To control the flow, a dam was builded in Tojang. There are many fishes live in, so tourists can do fishing while enjoying  forest view.

Forest in around the spring makes this place suitable for outdoor activity like camping and outbond. But tourists should keep the nature clean by leaving no trash.

Comments

Comments are closed.