Lendang Nangka adalah salah satu desa wisata potensial yang terletak di Pulau Lombok, tepatnya di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Perpaduan antara wisata alam, sosial, religi, dan kultur menciptakan sebuah harmoni yang tidak terlupakan. So, Let's Join Us to Enjoy Lendang Nangka Village, The Harmony Of Lombok.

RUDAT


Comments Off

Tari rudat merupakan tari perang. Ini terlihat pada gerak tari, formasi, pakaian, dan juga sejarah perkembangannya.Tari rudat ini ditarikan sambil menyanyi. Tariannya seperti pencak silat. Sedang nyanyiannya berirama timur tengah. Selain kelompok pemain, ada juga kelompok pembawa instrumen pengiring yang disebut “Sakehe Rudat”.Alatnya adalah rebana (tar dan gidur). Sakehe Rudat juga merangkap sebagai penyanyi. Tari rudat biasanya dibawakan oleh minimal 12 orang.

Para pemain rudat seluruhnya menggunakan pakaian adat ala angkatan perang turki terdiri atas :
  1. Kopiah tarbus berwarna merah darah terbuat dari beludru dengan jambul benang sutra diatasnya sepanjang ± 15 cm. Pinggiran songkok diberi hiasan renda.
  2. Baju jas tutup warna hitam atau biru hitam dengan hiasan kancing pada bagian dada, renda pada leher dan ujung lengan.
  3. Celana panjang tiga perempat (sampai di bawah lutut) juga warna hitam / biru hitam dengan diberi hiasan renda pada bagian ujung celana.
  4. Sepatu hitam berlaras tinggi atau sepatu biasa dengan kaos kaki panjang sehingga menutup kaki sampai lutut.
  5. Hiasan atau atribut – atribut :
    • Tanda pangkat pada kedua bahu
    • Selempang, dari bahu kiri kanan ke pinggang selebar kira – kira 10 cm warna hitam dengan pinggiran renda.
    • Sabuk (ikat pinggang) dengan bahan dan warna sama dengan selempang.


Di berbagai tempat ada sedikit variasi mengenai warna dan bentuk pakaian rudat.

Comments

Comments are closed.